A. Manfaat Program Lembar Kerja
Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidang, seperti administrasi, akuntansi, perbankan, statistic, bisnis, dan bidang lainnya.
Sebagai program aplikasi untuk mengolah angka, Microsoft Excel juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik. Selain itu, Microsoft Excel juga dilengkapi fasilitas hyperlink yang dapat digunakan untuk membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda, bahkan yang terdapat pada web tertentu.
Microsoft Excel XP mempunyai fasilitas yang hamper sama dengan program spreadsheet versi sebelumnya. Akan tetapi, Microsoft Excel XP lebih optimal dalam penggunaannya yang bertujuan untuk memudahkan pengguna program aplikasi ini. Hal baru yang terdapat dalam Microsoft excel XP, yaitu sebagai berikut :
• Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar pengguna dapat mengklasifikasikan jenis data dengan warna yang berbeda.
• Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan Internet.
B. Mengaktifkan Program
Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya melalui menu start pada taskbar, ikon pada desktop, ikon file dengan format.xls, atau mengetikan EXCEL pada kotak dialog Run.
Perbedaan antara lembar kerja (worksheet) dengan buku kerja (workbook), yaitu :
• Lembar kerja berisi data dan perhitungan yang dibuat. Kita dapat mempunyai beberapa lembar sekaligus. Lembar kerja merupakan bagian dari buku kerja.
• Buku kerja merupakan kumpulan lembar kerja. Sebuah buku kerja merupakan sebuah file pada Microsoft Excel. Sebuah buku kerja dapat terdiri atas satu atau lebih lembar kerja.
C. Menggunakan Menu pada Microsoft Excel
1. Menu File
Menu File merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja (workbook) Microsoft Excel. Perintah-perintah yang terdapat pada menu file diantaranya untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru.
Didalam Menu File terdapat : New, Open, Save, Save As, Page Preview, Page Setup, Print Preview, Print.
2. Menu Edit
Menu Edit merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif.
Didalam Menu Edit terdapat : Cut, Copy, Delete, Delete Sheet, Find, Replace.
3. Menu View
Menu View merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel.
Didalam Menu View terdapat : Normal, Task Pane, Toolbar, Formula Bar, Status Bar, Header and Footer.
4. Menu Insert
Menu Insert merupakan suatu menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja Microsoft Excel, baik berada dari dalam maupun dari luar Microsoft Excel.
Didalam Menu Insert terdapat : Cells, Rows, Colums, Worksheet, Chart, Symbol, Function, Picture, Diagram, Object, Hyperlink.
5. Menu Format
Menu Format merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja.
Didalam Menu Format terdapat : Cells, Rows, Colums, Sheet, AutoFormat, Style.
6. Menu Tools
Menu Tools berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna komputer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama, dan pengaturan setting program Microsoft Excel.
Didalam Menu Tools terdapat : Spelling, Error Checking, Protection, Formula, Auditing, Marco, Customize, Option.
7. Menu Data
Menu Data terdiri atas perintah-perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.
Didalam Menu Data terdapat : Sort, Filter, Form, Validation, Table.
8. Menu Window
Menu Window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif.
Didalam Menu Window terdapat : New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes.
9. Menu Help
Menu Help merupakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel. Selain itu, terdapat perintah yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada Microsoft Excel.
D. Ikon pada Microsoft Excel
Pada Microsoft Excel terdapat ikon-ikon pada toolbar yang dapat memudahkan pengguna komputer dalam bekerja. Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah.
• Toolbar Standard terdiri atas ikon-ikon yang digunakan untuk membuka dokumen baru, membuka dokumen yang pernah dibuat sebelumnya, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan perintah lainnya. Dengan kata lain, ikon-ikon pada toolbar ini terdiri atas fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel.
• Toolbar Formatting terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja. Perintah-perintah tersebut diantaranya, yaitu untuk pengaturan huruf (font), menentukan perataan teks, pengaturan garis, dan pengaturan lainnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar