Bab 10 : Membuat Formula, Grafik, dan Gambar serta Menggabungkan Karya pada Lembar Kerja
A. Memasukkan Formula dalam Microsoft Excel.
Microsoft Excel sebagai program pengolah angka menyediakan fasilitas perhitungan dengan menggunakan rumus. Untuk memesukkan rumus pada Microsoft Excel, harus diawali dengan memasukkan tanda sama dengan (=) dilanjutkan dengan menggunakan rumus yang akan digunakan.
Tabel Operator Matematika
Operator Keterangan
() = Pengelompokan Operasi
- = Minus
% = Persentase
^ = Perpangkatan
* = Perkalian
/ = Pembagian
+ = Penjumlahan
- = Pengurangan
& = Penggabungan dua teks
1. Memasukkan Angka Tetap
Sebagai contoh, untuk menghitung perkalian antara 23 dengan 30, yaitu sebagai berikut:
1) Letakkan petunjuk sel ditempat yang diinginkan
2) Ketikkan data =20*30 pada formula bar
3) Tekan tombol Enter
2. Menggunakan Referensi Sel
Sebagai contoh, untuk menghitung penjumlahan antara nilai pada sel C2 dengan C3 dan hasilnya ditampilkan pada sel C4, yaitu sebagai berikut :
1) Letakkan petunjuk sel pada sel C4
2) Ketikkan data =C2+C3 pada formula bar
3) Tekan tombol Enter
B. Menggunakan Referensi Absolut dan Relatif
1. Referensi Absolut
Referensi absolut pada suatu formula selalu menunjuk ke sel yang terletak pada lokasi yang tetap. Apabila posisi sel yang berisi formula atau rumus berubah, posisi referensi sel tidak akan berubah. Apabila kamu menyalin formula atau rumus yang terdapat pada sel yang berisi rumus ke sel lain, referensi sel yang terdapat pada sel tersebut akan tetap menunjuk ke sel yang tetap.
2. Referensi Relatif
Referensi relatif pada suatu formula berbeda dengan referensi absolut. Apabila referensi sel disalin maka referensi sel relatif akan berubah sesuai dengan posisi relatif sel yang berisi formula.
3. Referensi Semi Absolut
Referensi semi absolut merupakan gabungan antara referensi absolut dengan referensi relatif.
C. Menggunakan fungsi dalam Microsoft Excel
Fungsi merupakan fasilitas yang disediakan Microsoft Excel untuk membantu melakukan penghitungan yang cukup rumit. Beberapa fungsi dalam Microsoft Excel :
1) Fungdi database, menganalisis data yang tersimpan dalam database.
2) Fungsi date and time, memanipulasi tanggal dan waktu.
3) Fungsi external, menjalankan fungsi yang terdapat pada aplikasi di luar Microsoft Excel.
4) Fungsi engineering, menjalankan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bidang teknik.
5) Fungsi financial, menjalankan fungsi-fungsi keuangan.
6) Fungsi information, menampilkan informasi yang berhubungan dengan lembar kerja.
7) Fungsi logical, menjalankan operasi logika.
8) Fungsi lookup and reference, menjalankan fungsi pembacaan tabel dan referensi.
9) Fungsi math and trigonometri, menjalankan fungsi matematika dan trigonometri.
10) Fungsi statistical, menjalankan fungsi statistik.
11) Fungsi text and data, mengelola data berjenis teks.
Cara untuk menggunakan fungsi, yaitu secara manual dan melalui toolbar Insert Function.
1. Secara manual.
Salah satu cara menggunakan fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel adalah secara manual yaitu dengan mengetikkan fungsi yang akan digunakan pada sel.
2. Menggunakan Insert Function.
Cara lain untuk menggunakan fuingsi adalah dengan menekan ikon Insert Function yang terletak disebelah kiri formula bar.
Selain operator SUM, fungsi matematika mempunyai operator lainnya, yaitu operator ABS dan INT. Fungsi ABS digunakan untuk menghasilkan nilai absolut (nilai selalu positif) dan INT digunakan untuk mengambil nilai Integer (nilai desimal diabaikan).
D. Menyalin Formula
1. Menggunakan Drag and Drop
Untuk menyalin formula dengan drag and grop dapat dilakukan dengan menarik atau menggeser fill handle ke posisi sel yang diinginkan.
2. Menggunakan Menu edit
Cara lain untuk menyalin formula adalah melalui menu Edit → Fill. Cara tersebut hampir sama dengan cara sebelumnya, tetapi sel yang akan menampung hasil salinan harus diblok atau disorot terlebih dahulu sebelum dilakukan penyalinan formula.
E. Membuat Grafik
Grafik merupakan sebuah tampilan visual yang berfungsi mempermudah pengguna untuk melihat perbandingan serta pola pada data tertentu. Selain karena tampilannya yang dapat dibuat dengan berbagai macam model, grafik lebih mudah dibaca daripada menggunakan tabel-tabel. Oleh karena itu, Microsoft Excel menyediakan fasilitas pembuatan grafik yang mempunyai berbagai jenis dan kemudahan.
F. Memodifikasi Grafik
Untuk menampilkan toolbar Chart, dapat dilakukan denga memilih menu View→Toolbars→Chart.
1. Memodifikasi Jenis Grafik
2. Memodifikasi Sumber Data Grafik
3. Memodifikasi Chart Option
4. Memodifikasi Lokasi Grafik
5. Menambah Data pada Grafik
6. Menambah Trendline pada Grafik
7. Memodifikasi Tampilan 3D
Fungsi SUM termasuk fungsi yang paling populer dan paling sering digunakan. Untuk menggunakannya, dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut :
• Mengetikkan formula secara langsung pada sel atau formula bar.
• Menggunakan tombol AutoSum yang terdapat pada toolbar.
• Menggunakan Insert Function.
G. Mengerutkan Data
Apabila data yang terdapat pada lembar kerja tidak berurutan, kamu juga dapat mengerutkan data tersebut dengan fasilitas Sort. Terdapat dua macam pengerutan data yang biasa dilakukan, yaitu pengerutan secara ascending dan descending. Pengerutan ascending merupakan pengerutan secara menaik dari A ke Z. sebaliknya, descending merupakan pengerutan secara menurun dari Z ke A.
H. Menggunakan Filter Data
Tidak seperti proses pengerutan, penyaringan data tidak menyusun ulang daftar data. Penyaringan secara sementara menyembunyikan baris yang tidak ingin ditampilkan. Pada saat dalam keadaan tersaring, kamu dapat mengedit dan memberi format serta melakukan proses pencetakkan tanpa harus menyusun atau memindahkannya.
1. Menggunakan Pilihan yang Tersedia
2. Menggunakan pilihan All
3. Menggunakan Custom AutoFilter
4. Menggunakan Top 10
Untuk menghilangkan filter, dapat melakukan cara berikut :
• Untuk menampilkan data yang sudah disaring pada satu kolom data, klik tanda panah disamping kanan suatu kolom kemudian pilih (All).
• Untuk menampilkan semua data yang sudah di saring pada semua kolom, pilih menu Data→Filter→Show All.
• Untuk menghilangkan pengaruh filter, pilih menu Data→Filter→AutoFilter.
I. Menyisipkan Dokumen Microsoft Excel ke dalam Dokumen Microsoft Word
Microsoft Excel dapat digunakan dengan program aplikasi lain untuk keperluan tertentu. Microsoft Excel juga dapat membuat hubungan antar program. Untuk menyisipkan dokumen Microsoft Excel ke dalam dokumen Microsoft Word, dapat dilakukan dengan :
• Menggunakan Menu Insert.
• Menggunakan Copy dan Paste.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar